10 CIRI WANITA DURHAKA KEPADA SUAMINYA

Belakangan ini kita sering menyaksikan sesuatu yang membuat dahi berkerut dan hati merasa perih, yaitu fenomena wanita durhaka. Banyak di antara mereka yang menyia-nyiakan waktu, melakukan apa saja yang dikehendakinya dan sesuai dengan hawa nafsunya, dan menampakkan akhlak yang tercela dan sifat yang tidak terpuji. Tidak ada lagi rasa malu; tidak ada lagi rasa takut kepada Allah.

Berbicara tentang kedurhakaan yang dilakukan oleh kaum wanita, sesungguhnya Nabi shalallahu ‘alaihi wassalam telah menyebutkan di antaranya dalam hadits di atas, yaitu banyak mencela dan mengufuri/mengingkari kebaikan suami. Kebanyakan wanita begitu mudah melontarkan kata- kata yang jelek kepada suaminya, anak-anaknya, kerabatnya, bahkan kepada tetangganya sekalipun. Inilah yang menjadi penyebab mereka banyak menghuni neraka.
10 CIRI WANITA DURHAKA KEPADA SUAMINYA
Banyak wanita yang kini tidak lagi mengenal kedudukan suami, pendamping hidupnya. Apabila melihat sesuatu yang tidak menyenangkan dari suaminya, ia melupakan segala kebaikan yang pernah dilakukan si suami untuknya. Inilah salah satu bentuk kedurhakaan dan kezaliman yang nyata.
Suami mempunyai kedudukan yang tinggi di hadapan wanita (istrinya) meskipun kaum wanita pada umumnya sudah tidak lagi memedulikannya, bahkan cenderung merasa tinggi di hadapan suami. Sementara itu, Nabi shalallahu ‘alaihi wassalam telah bersabda,
لَوْ أَمَرْتُ أَحَدًا أَنْ يَسْجُدَ لِأَحَدٍ لَأَمَرْتُ الْمَرْأَةَ أَنْ تَسْجُدَ لِزَوْجِهَا
“Seandainya aku dibolehkan untuk memerintah seseorang sujud kepada orang lain, akan kuperintah seorang wanita untuk sujud kepada suaminya.” (HR. at-Tirmidzi, dinyatakan shahih oleh al-Albani dalam Shahih Ibni Majah)
Bukan hanya itu, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam juga melarang istri berpuasa sunnah apabila suaminya ada (tidak sedang bepergian), kecuali atas persetujuannya. Semua ini menunjukkan betapa tingginya kedudukan suami di hadapan istri. Intinya, pintu menuju keselamatan dan surga bagi istri adalah suaminya. Rasulullah menegaskan, “Dia (suamimu) adalah surgamu dan nerakamu.” (HR. Ahmad, dinyatakan shahih oleh asy-Syaikh al-Albani dalam Shahih at-Targhib wa at-Tarhib)
Berikut beberapa bentuk kedurhakaan yang dilakukan wanita (istri) kepada suaminya.
1. Tidak menaati suami dalam perkara yang baik dan malah bermaksiat kepadanya.
Ini adalah bentuk kedurhakaan kepada suami karena istri tidak memenuhi hak suami yang telah diwajibkan oleh Allah kepadanya. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,
ٱلرِّجَالُ قَوَّٰمُونَ عَلَى ٱلنِّسَآءِ بِمَا فَضَّلَ ٱللَّهُ بَعۡضَهُمۡ عَلَىٰ بَعۡضٖ وَبِمَآ أَنفَقُواْ مِنۡ أَمۡوَٰلِهِمۡۚ فَٱلصَّٰلِحَٰتُ قَٰنِتَٰتٌ حَٰفِظَٰتٞ لِّلۡغَيۡبِ بِمَا حَفِظَ ٱللَّهُۚ وَٱلَّٰتِي تَخَافُونَ نُشُوزَهُنَّ فَعِظُوهُنَّ وَٱهۡجُرُوهُنَّ فِي ٱلۡمَضَاجِعِ وَٱضۡرِبُوهُنَّۖ فَإِنۡ أَطَعۡنَكُمۡ فَلَا تَبۡغُواْ عَلَيۡهِنَّ سَبِيلًاۗ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَلِيّٗا كَبِيرٗا ٣٤
“Kaum pria adalah pemimpin bagi kaum wanita karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (pria) atas sebagian yang lain (wanita), dan karena mereka (pria) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Oleh sebab itu, wanita yang salihah ialah yang taat kepada Allah subhanahu wa ta’ala agi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kalian khawatirkan nusyuznya, nasihatilah mereka, dan jauhilah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian, jika mereka menaati kalian, janganlah kalian mencari-cari jalan untuk menyusahkan mereka. Sungguh Allah Mahatinggi lagi Mahabesar.” (an-Nisa’: 34)
Termasuk kedurhakaan kepada suami adalah istri menolak ketika diajak ke tempat tidur. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda, “Apabila suami mengajak istrinya ke tempat tidur (untuk berhubungan badan) lalu si istri menolak sehingga suami tidur dalam keadaan marah kepadanya, malaikat pun melaknat si istri hingga waktu subuh.” (HR. al-Bukhari)
Tidak berkhidmah kepada suami, membiarkannya sibuk sendirian, dan merasa tinggi di hadapannya juga merupakan kedurhakaan.
2. Keluar dari rumah tanpa izin dari suami.
Istri yang melakukan perbuatan ini berarti telah menyepelekan hak suami dalam hal ketaatan. Sebab, konsekuensi ketaatan kepada suami adalah istri tidak keluar dari rumah tanpa izinnya, kecuali jika diketahui bahwa suami telah mengizinkannya sebelumnya untuk pergi ke tempat-tempat tertentu.
Termasuk kedurhakaan kepada suami ialah istri mengizinkan seseorang masuk ke rumah suaminya, padahal si istri tahu bahwa suaminya tidak menyukainya. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda,
فَحَقُّكُمْ عَلَيْهِنَّ أَنْ لَا يُوطِئْنَ فُرُشَكُمْ مَنْ تَكْرَهُونَ وَلَا يَأْذَنَّ فِي بُيُوتِكُمْ لِمَنْ تَكْرَهُونَ
“Hak kalian atas mereka (para istri) adalah mereka tidak boleh mengizinkan seorang pun—yang tidak kalian sukai—untuk menginjak permadani kalian, dan mereka tidak boleh mengizinkan seorang pun—yang tidak kalian sukai—untuk berada di rumah kalian.” (HR. at-Tirmidzi)
3. Tidak bergaul dengan cara yang baik kepada suami, menampakkan adab yang buruk di hadapannya, baik melalui perkataan maupun perbuatan, dan tidak memberikan ketenangan hati kepadanya.
4. Menghalangi suami untuk dapat bersenang-senang dengannya tanpa alasan yang syar’i.
Ini adalah kedurhakaan yang besar karena dapat menyebabkan suami melirik wanita lain yang tidak halal baginya, bahkan dapat menyebabkan suami berselingkuh dan berbuat tidak senonoh. Jika demikian, berarti si istri berserikat dengan suami dalam hal dosa karena tidak membantunya untuk menundukkan pandangan dan menjaga kemaluannya.
5. Tidak memiliki sifat malu, yaitu merasa bebas memandang pria lain yang tidak halal baginya, bahkan tidak merasa risi sama sekali untuk bertabarruj (memamerkan keindahannya, -ed.) di depannya dan melembutkan suara kepadanya.
6. Membebani suami dengan nafkah yang lebih di luar kebutuhannya sehingga suami menanggung banyak utang.
7. Mengghibah suami atau menceritakan kejelekan suami kepada keluarga suami, kepada keluarganya sendiri, atau kepada kerabatnya.
8. Mengadu domba suami dengan anak-anaknya, dengan saudara laki-laki dan saudara perempuannya, atau dengan kerabat suami yang lain.
Sungguh ini merupakan kesalahan yang besar karena akan merusak tali silaturahmi antara suami dan orang-orang yang memiliki hubungan dekat dengannya.
9. Mendiamkan kemungkaran yang dilakukan suami, baik kemungkaran yang terkait dengan diri suami sendiri maupun kemungkaran yang terkait dengan rumahnya. Yang lebih jelek ialah si istri mendorong dan membantu suaminya untuk melakukan kemungkaran. Wal ‘iyadzu billah (hanya Allah-lah yang kita mintai perlindungan).
10. Meminta agar diceraikan tanpa ada alasan yang dibenarkan menurut syariat, tetapi karena sekadar ingin mencelakakan suami, merasa bosan hidup bersamanya, dan merasa lebih tinggi kedudukan dan keadaannya dibandingkan dengan suami.
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam telah mengancam perbuatan ini sebagaimana dalam sabda beliau,
أَيُّمَا امْرَأَةٍ سَأَلَتْ زَوْجَهَا طَلَاقًا مِنْ غَيْرِ بَأْسٍ فَحَرَامٌ عَلَيْهَا رَائِحَةُ الْجَنَّةِ
“Wanita mana pun yang meminta kepada suaminya agar menceraikannya tanpa ada alasan yang jelas, haram atasnya mencium wangi surga.” (HR. Abu Dawud dan yang lainnya. Al-Hafizh Ibnu Hajar berkata dalam Fathul Bari, “Dinyatakan shahih oleh Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban.”)

0 Response to "10 CIRI WANITA DURHAKA KEPADA SUAMINYA"

Posting Komentar